Pasien Kanker Payudara Sebaiknya Konsumsi 6 Makanan Ini

Kesehatan

Kanker payudara merupakan jenis penyakit yang dapat berkembang bila tidak segera ditangani dan terdeteksi sejak dini. Bagi pengidap kanker payudara untuk mengobatinya biasanya harus melakukan pengobatan secara intensif hingga melakukan kemoterapi agar sel-sel kanker payudara di dalam tubuh dapat dilenyapkan.

Selain melakukan pengobatan, makanan sehat dan bergizi juga perlu di konsumsi pasien kanker payudara untuk tetap bisa memberikan nutrisi pada tubuh saat masa pengobatan. Berikut ini makanan sehat untuk pasien kanker payudara yang bisa kamu simak.

Makanan Sehat untuk Pasien Kanker Payudara

  1. Susu / yogurt
    Kandungan Vitamin D, Kalsium, dan protein yang pada susu dan yogurt dapat membantu menguatkan tulang serta baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi susu atau yogurt bagi pasien kanker payudara dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Proses kemoterapi yang dilakukan dapat mengurangi kepadatan tulang pasien kanker, maka dari susu atau yogurt wajib hukumnya untuk di konsumsi setiap hari.
  1. Sayur-sayuran hijau
    Sayur-sayuran merupakan menu yang harus ada bagi pasien kanker payudara. Sayur-sayuran ini mengandung banyak vitamin, kalsium, zat besi dan asam folat yang sangat baik untuk tubuh serta menjadi asupan untuk sel darah merah dan tulang. Pilihan sayur-sayuran yang bisa di konsumsi yaitu brokoli, sawi, selada, kangkung maupun sayuran lain yang memiliki warna hijau pekat.
  2. Ikan
    Mengkonsumsi ikan ini dianjurkan bagi pasien kanker payudara. Mengapa? Karena ikan laut utamanya sangat baik dikonsumsi. Ikan laut yang direkomendasikan misalnya tongkol, tuna, salmon dan sebagainya yang terdapat kandungan protein dan asam omega 3 yang tinggi. Ikan tawar juga bisa dikonsumsi jika memang tidak terlalu menyukai ikan laut.
  3. Daging ayam
    Bagi pasien kanker payudara, mengkonsumsi daging ayam dapat membantu menambah nutrisi dan protein untuk tubuh, terutama setelah melakukan proses kemoterapi yang membuat tubuh kekurang protein dan nutrisi. Pilihan dada ayam atau daging ayam tanpa lemak merupakan pilihan yang terbaik untuk memenuhi asupan untuk tubuh.
  4. Jahe
    Jahe memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh. Bagi pasien kanker payudara mengkonsumsi jahe ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan mengatasi mual-mual. Caranya pasien kanker payudara dapat mengkonsumsinya sebagai wedang jahe ataupun jus bahkan bisa dimakan begitu saja.
  5. Tomat
    Tomat memang dikenal dengan manfaatnya yang banyak dan baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan Vitamin C pada tomat dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, memperkuat sistem imun dalam tubuh dan juga bisa menghilangkan rasa tidak enak di mulut selama proses kemoterapi.

Dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat tersebut secara rutin dan menjalankan pola hidup sehat lainnya, kita bisa mempunyai kesempatan melawan dan mencegah timbulnya kanker payudara di dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Lihat selengkapnya di sini